Giant Plakat, bagi sebagian besar hobiis betta splendens atau cupang hias, siapa yang tak kenal jenis ini. Ukuran badannya yang di atas rata-rata cupang pada umumnya lah yang membuat ia disebut Raksasa (Giant). Untuk pertama kalinya, pada tahun 1999 cupang giant dikembangbiakkan, oleh seorang breeder Thailand bernama Mr. Athapon (Uncle Sala) dan anaknya Mr. Natee, pemilik Diamond Fish Farm. Untuk pertama kalinya mereka mendapatkan seekor cupang plakat yang memiliki panjang 4 inchi (10 cm) dikolam mereka dan memiliki ide untuk mengembangkan cupang tersebut.

Mereka mencari indukan betina yang besar dari sekitar 300 an kolam mereka untuk pasangan si cupang plakat raksasa yang mereka miliki. Dengan gigih mereka melakukan selektif breeding dengan menyilangkan cupang raksasa tersebut sehingga dicapai ukuran dan bentuk yang dikehendaki. Pada tahun 2001 Uncle Sala mulai memasarkan cupang raksasanya dan menamakannya Giant Betta. Setahun kemudian dikirimnya giant betta ini mengikuti kontes cupang internasional IBC di Amerika Serikat. Ketika itu harga seekor giant betta ditawarkan di Aquabid seharga US$ 1000 dan terjual. Gilee bener cing….

Pada awalnya untuk mencapai ukuran 3 inchi (7.5 cm) dibutuhkan waktu 8-9 bulan namun sekarang untuk mencapai ukuran yang sama dapat dicapai hanya dalam waktu 5 bulan saja. Sementara sirip dan warna sudah berkembang semakin bervariasi sehingga didapat giant halfmoon, giant double tail, giant serit. Ukuran terbesar yang dapat ditemukan adalah 5 inchi (12.5 cm) pada giant berumur lebih dari 1 tahun.

Sumber : Betta Plus

Comments

comments