Pakan untuk burayak diberikan pada hari ke-5 setelah penetasannya. Pakan dapat diberikan secukupnya beberapa kali dalam seharinya. Karena dalam masa pertumbuhan, burayak cupang perlu mendapat asupan pakan dalam jarak waktu yang sering, diman pakan yang diberikan kepadanya harus disesuaikan dengan ukuran mulut benih ikan ini.

Pilihan terbaik jenis pakan yang bisa diberikan pada burayak cupang antara lain: infusoria, kuning telur rebus, dan bayi artemia/artemia yang baru menetas (freshly hatched baby brine shrimp). Ketiga alternatif pakan burayak tersebut telah kami singgung dalam posting sebelumnya pada blog ini. Silahkan sobat baca kembali jika diperlukan.

Dalam referensi yang sama, Jim Sonnier menyatakan, menginjak hari ke-11, kita dapat secara perlahan memberikan pakan kering yang disesuaikan dengan ukuran mulut burayak, seiring dengan pertumbuhan/pembesaran ukuran burayak. Sedikit demi sedikit mulailah perkenalkan alternatif pakan lainnya, misal kutu air dan cacing sutera Pengenalan ragam pakan ini dikatakan menjadi salah satu faktor kuncu sukses budidaya cupang kita. Saya sendiri menafsirkan bahwa pengenalan ragam pakan pada burayak cupang ini bisa menjadi alternatif jika suatu saat terjadi kelangkaan pada jenis-jenis pakan tertentu sehingga kita dapat dengan mudah menggantikannya

Beberapa hal yang patut kita repetisi dari ulasan ini antara lain

1. Mulailah berikan pakan pada burayak cupang ketika usianya menginjak hari ke-5 setelah penetasannya
2. Berikan pakan secukupnya beberapa kali dalam sehari
3. Berikan pakan yang menyesuaikan dengan ukuran mulut dan mengikuti pertumbuhan burayak
4. Berikan pakan yang bervariasi/beragam pada burayak cupang kita

Sumber : Betta Plus

Comments

comments