Ilustrasi

Ada lebih banyak orang yang menyukai peliharaan seperti kucing atau anjing. Anjing dikenal dengan sifat setianya dan bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan. Memelihara anjing juga diketahui bisa membuat orang lebih giat berolahraga. Di sisi lain, ikan adalah salah satu peliharaan yang tak begitu populer, meski juga memiliki peminat yang banyak.

Walaupun begitu, jangan kira memelihara ikan tidak bisa memberikan keuntungan. Memelihara ikan dalam tangki juga bisa memberikan Anda manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memelihara ikan, seperti dilansir oleh Health Me Up (03/09).

1. Menurunkan tekanan darah
Memiliki akuarium di rumah atau tempat kerja bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Beberapa orang memilih untuk menggunakan akuarium sebagai dekorasi tanpa ikan. Namun dengan memelihara ikan di dalamnya, efeknya akan semakin baik.

2. Efek menenangkan
Ikan diketahui memiliki efek menenangkan untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Ini sangat cocok untuk anak yang hiperaktif dan bisa membantu mereka tidur lebih nyenyak di malam hari. Orang yang berada di klinik dokter gigi akan merasa lebih tenang jika ada akuarium di sekitar mereka dan merasa lebih sedikit rasa sakit ketika menjalani perawatan.

3. Baik untuk pasien alzheimer
Memelihara ikan dalam akuarium memiliki efek yang positif bagi pasien alzheimer. Pasien alzheimer yang memelihara ikan dalam akuarium memiliki sikap yang tidak agresif, memiliki nafsu makan yang lebih baik dan membutuhkan lebih sedikit suplemen.

4. Mengurangi stres
Melihat ikan bergerak dalam akuarium diketahui bisa menenangkan pikiran, mengurangi stres dan membuat orang lebih mudah memikirkan masalah yang sedang mereka hadapi. Gerakan ikan dalam akuarium memiliki efek yang sama dengan hipnosis dan membuat kita seperti melakukan meditasi.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan memelihara ikan dalam akuarium. Kini selain anjing dan kucing, Anda tahu bahwa ikan juga bisa menjadi hewan peliharaan yang menguntungkan.

Sumber : Merdeka.Com

Comments

comments