JOGJA-Hobi memelihara ikan, membawa keberuntungan bagi Indro Mur. Apalagi saat ini Jogja menjadi pusat penjualan bibit ikan hias yang ternama. Ikan hias apa yang bisa mendatangkan untung?

Saat ini ada bermacam-macam jenis ikan hias. Salah satunya adalah ikan mas koki. Ikan mas hias (Carassius auratus auratus) adalah ikan air tawar dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Ikan ini adalah salah satu ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi, dipelihara, dan dibudidayakan manusia. Kini ikan mas hias atau kadang disebut secara singkat sebagai ikan mas, adalah salah satu ikan hias akuarium yang paling populer. Varietas Carassius auratus auratus yang telah didomestikasi dan menampilkan mutasi tubuh bersirip ekor ganda dan berbentuk memampat bulat disebut ikan mas koki.

Saat ini, permintaan bibit ikan ini sangatlah besar. Sayangnya, peternak di Jogja tidak mampu untuk memenuhi permintaan tersebut. Indro Mur atau yang biasa disapa Gatot mengungkapkan, setiap kali menyetor bibit ikan mas koki ke pedagang, dalam waktu singkat akan ludes. Tingginya permintaan ini tidak diimbangi dengan suplai. Sementara jumlah peternak ikan mas koki tidak sampai 30 orang.

Ketua Komunitas Mondolan, komunitas peternak, pedagang dan penghobi ikan mas koki kepada Harianjogja.com beberapa waktu lalu mengatakan ikan mas koki Jogja dikenal sangat bagus dibandingkan dengan ikan mas koki dari Tulungagung. Adapun Tulungagung merupakan penghasil bibit ikan.

Sedangkan Jogja dikenal sebagi penghasil ikan mas koki yang bagus. Bahkan seringkali menjadi juara dalam setiap kontes. Gatot sendiri mengaku sering meraih juara dalam berbagai kontes ikan mas koki. Bahkan ikan dari Jogja juga sering menjadi juara dalam setiap lomba.

”Tetapi memang pemiliknya sudah bukan orang Jogja, tetapi ikan tersebut diternak oleh peternak Jogja,” katanya.

Menurut Gatot, peternak Jogja bisa dikatakan sangat kreatif. Mereka bisa menghasilkan bibit berkualitas. Bahkan Gatot juga sering membuat bibit-bibit unggul. Misalnya, ikan mas koki hitam yang sering dia sebut ikan kelelawar yang beberapa kali menyabet gelar juara dalam kontes ikan. Ikan mas koki, kata Gatot bisa dibentuk sesuai keinginan.

“Misalnya, kita ingin ikan dengan kepala yang menonjol atau ikan dengan warna yang hitam. Itu bisa dilakukan kalau tahu caranya Tetapi prosesnya memang lama,” katanya.

Perhitungan Bisnis Ikan Mas Koki
Indukan 3 ekor (satu betina, dua jantan) harga per ekor Rp200.000
Setiap dua minggu sekali indukan akan bertelur dan menghasilkan bibit 3.000-6.000
Harga jual bibit usia 2 bulan Rp300 per ekor
Harga pakan Rp300.000 per bulan

Pengeluaran
Bibit Rp600.000
Makan Rp300.000
Pendapatan
10.000 x Rp300 = Rp3 juta
Pendapatan Rp3 juta-Rp900.000 = Rp2,1 juta

Sumber : Harian Jogja

Comments

comments