PEKANBARU: Geografi Riau yang terdiri dari lautan dan sungai-sungai diyakini memiliki potensi besar ikan hias yang cantik-cantik. Hanya saja selama ini potensi ikan hias tersebut belum dikembangkan secara profesional.

Salah satu jenis ikan hias yang saat ini banyak diburu para penggemar ikan hias adalah jenis Botia. Ikan hias yang berasal dari Kabupaten Kuantan Sengingi (Kuansing) ini memiliki sisik berwarna kuning motif belang sehingga menarik untuk dilihat dan dipelihara.

Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Riau, Surya Maulana dalam keterangannya Senin (22/9) di Pekanbaru mengatakan, meskipun ikan Botia itu berasal dari Riau, namun Riau sendiri tidak begitu tertarik untuk mengembangkannya.

Malahan provinsi di luar Riau kini sedang berusaha mengembangkannya, seperti yang dilakukan di Bogor dan jambi. “Ini tentunya sangat memprihatinkan, karena yang mengembangkan ikan hias asli Riau justru provinsi tetangga,” jelasnya.

Karena itu, Surya Maulana mengungkapkan pihaknya akan berusaha mendalami potensi ikan hias asli Riau dan berupaya untuk emngembangkannya. Dia yakin, ikan-ikan hias asli Riau jika dikembangkan lagi akan bisa bernilai ekonomis tinggi.

Selain mengembangkan ikan hias asli Riau, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap potensi ikan hias yang ada agar tidak dicapok daerah lain. “Kita akan berusaha mengembangkannya sendiri agar nanti bisa menjadi komoditi unggulan daerah ini,” ungkapnya.(rgi/ad)

Sumber : RIAU.GO.ID

Comments

comments