Ingin Snorkling tapi dengan biaya murah? Tidak ada salahnya jika Anda coba mengunjungi Umbul Ponggok Klaten. Umbul Ponggok adalah sebuah permandian yang berasal dari mata air alam yang dahulu berguna untuk pengairan lahan tananaman tebu.

Setelah beberapa tahun akhirnya Umbul Ponggok ini dikelola oleh warga dan pemerintah setempat dengan membangun dan merubah menjadi permandian umum.

Nama Umbul Ponggok sendiri diambil dari Umbul yang artinya mata air berasal dari bahasa jawa dan Ponggok diambil dari daerah tempat umbul itu berada.

Terletak di pinggir jalan menjadikan Umbul Ponggok ini mudah untuk ditemukan. Banyak yang tidak menyangka kalau Umbul Ponggok ini memiliki keunikan.

Karena begitu masuk area permandian yang kita temui hanya sebuah kolam dengan ukuran panjang lebih dari 70 m dan lebar sekitar 40 m dengan kedalaman anatara 1 meter hingga 4 meter.

Tetapi keunikan dari umbul ini ada di dalam dasar air. Setelah kita menceburkan diri ke air dan menyelam, keunikan nyata akan kita temui. Dari air yang bening dan sejuk, berbagai ikan berenang diantara kita serasa menyelam di bawah laut.

Air di dalam Umbul Ponggok ini terus mengalir, terdapat sumber mata air dari dasar kolam. Karena dialirkan melalui sungai membuat kolam ini terus jernih dan tidak berbau walaupun banyak terdapat ikan didalamnya. Kalau kita snorkling di laut akan menemui terumbu karang yang berwarna warni, tetapi di umbul ini akan menmui batu coral yang bervariasi dari ukuran kecil sampai besar.

Berbagai macam ikan tawar berwarna warni dan berbagai ukuran pun akan kita temui sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Kita dapat bermain dan berfoto dengan mereka yang kebanyakan ikan didalamnya jinak karena selalu bersinggungan dengan manusia. Di dasar kolam pun dapat kita temui keindahan lainya.

Mata air berasal dari bawah kolam yang menjadikan gelembung-gelembung kecil yang indah dilihat oleh mata. Sampai saat ini Umbul Ponggok banyak diminati oleh pengunjung dari sekitar Kota Klaten sampai daerah luar kota. Pada waktu liburan tempat ini akan sangat ramai, terutama mereka yang ingin menikmati bersama keluarga.

Akses ke Umbul Ponggok

Dari Jogja arah ke Solo, setelah melewati Kota Klaten kanan jalan akan anda temui terminal Sub Penggung. Dari situ belok kiri dengan jalan yang lumayan lebar dan tidak begitu ramai. Ikuti jalan tersebut sampai menemui papan penunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut sejauh sekitar 3 km, sebelah kiri jalan akan anda temui permandian Umbul Ponggok. Penasaran dengan tempat wisata Umbul Ponggok Klaten ini? cobalah!

Sumber : AktualPost.com

Comments

comments