Visi dan misi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia sebagai produsen terbesar perikanan dunia tahun 2015, menuntut Ditjen Perikanan Budidaya sebagai kontributor utama produksi perikanan dengan target produksi 16,89 juta ton atau meningkat 353 % dari tahun 2009. Peranan produksi perikanan budidaya sebagai bagian integral dari produksi perikanan nasional menjadi semakin besar sejalan dengan penurunan produktivitas perikanan tangkap maka pengembangan sistem produksi perikanan budidaya mencakup sistem produksi perikanan budidaya laut, budidaya air payau, budidaya air tawar dan budidaya ikan hias mutlak dilakukan.

Seiring dengan pembentukan Subdit Budidaya Ikan Hias yang memiiki peran dan tupoksi, yaitu :

1. Melakukan identifikasi kegiatan budidaya ikan hias dan potensi pengembangannya
2. Melakukan pembinaan usaha budidaya ikan hias menuju sertifikasi usaha
3. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan budidaya ikan hias
4. Penyusunan standardisasi budidaya ikan hias

maka perlu didukung dengan adanya data-data tentang perkembangan budidaya kan hias di setiap provinsi seluruh Indonesia. Subdit Data dan Statistik yang masih tergabung dengan subdit Budidaya Ikan Hias pada Direktorat Produksi sebenarnya sudah melakukan pengumpulan dan pengolahan data budidaya ikan hias tapi tidak secara mendetail dan tidak secara khusus. Data budidaya ikan hias sendiri termasuk di dalam buku Statistik Perikanan Budidaya Indonesia dan masuk pada jenis komoditas ikan lainnya.

Mulai tahun depan, Subdit Data dan Statistik akan melakukan pengumpulan dan pengolahan data budidaya ikan hias dengan lebih fokus dan mendetail, yaitu dengan akan diterbitkannya Statistik Budidaya Ikan Hias pada tahun 2011. Pendataan secara lebih baik ini, diharapkan dapat menunjang peran tupoksi dari subdit budidaya ikan hias dalam mengembangkan budidaya ikan hias dan diharapkan perkembangan budidaya ikan hias akan lebih baik lagi. Selain itu, data ikan hias ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan data budidaya ikan hias yang selama ini belum di data dengan lebih baik.

Statistik budidaya Ikan Hias isinya tidaklah jauh berbeda dengan data-data yang selama ini ada pada statistik Perikanan Budidaya Indonesia dan Staistik Produksi Benih Perikanan Budidaya, yaitu mencakup antara lain data volume produksi dan nilai produksi budidaya ikan hias serta beberapa data pendukung lainnya.

Sumber : Ditjen Perikanan Budidaya

Comments

comments