Ilustrasi

Sejak 14 tahun silam, nelayan di Kawasan Taman Manalusu, Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat, menekuni usaha penangkapan ikan hias khas Pantai Selatan Garut.

Berbagai jenis ikan hias di Pantai Selatan ini memiliki keunikan tersendiri dan susah dijumpai spesiesnya di tempat lain, sehingga ikan hias dari Garut banyak diminati dari dalam dan luar negeri.

Sedikitnya ada 150 jenis ikan hias laut yang biasa diperoleh para nelayan di Pantai Selatan Garut. Jenis ikan hias laut tersebut ditangkap para nelayan, karena banyak diminati para penggemar ikan hias.

Hal itu terlihat dari banyaknya pesanan ikan hias kepada nelayan di Kawasan Garut Selatan, seperti yang dialami salah satu warga di Kawasan Taman Manalusu.

Di tempat tersebut, tersedia berbagai jenis ikan, mulai dari Betok Neon, Politan, Blustone, Kepe Gajah, Kepe Nanas, Muray Bunga, Botana Strip, Botana Kasur, hingga Botana Bintang, dengan harga dari mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya.

Bahkan, di tempat ini, ada pula binatang laut seperti Keong Tanduk, Keong Mata Sapi, Tripang, dan Lobster Mutiara.

Namun, saat ini, karena cuaca laut buruk, sehingga berpengaruh terhadap tangkapan ikan hias. Para nelayan juga kesulitan untuk menangkap ikan hias.

Sobri, salah satu pengusaha ikan hias, mengatakan ikan hias yang tergolong langka dan banyak peminatnya dengan harga jual tinggi, kini susah didapat.

Menurutnya, sejak beberapa bulan terakhir, ikan hias khas Pantai Selatan Garut mulai dilirik para kolektor, dari dalam dan luar negeri, terutama untuk jenis Botana Mutiara.

Dia menjelaskan, jika cuaca normal, para nelayan yang biasa menangkap ikan hias, setiap harinya bisa memperoleh hingga dua ribu ekor ikan hias. Tetapi, karena cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, nelayan hanya bisa memperoleh 200 hingga 500 ekor saja.

Dia menambahkan, ikan hias khas Pantai Selatan ini, kini telah diminati warga Bandung, Jakarta, Jepara, Banyuwangi, Bali, hingga luar negeri.

Sementara itu, Mazlan bin Abdurohim, pembeli ikan hias asal Malaysia, mengatakan dia sengaja datang ke tempat ikan hias yang ada di Garut Selatan ini lantaran ketertarikannya untuk memperoleh ikan hias yang tak biasa dijumpai di tempat lain.

Selain harganya terjangkau, ikan hias dari Pantai Selatan ini juga unik dan menarik. Anda tertarik? (tvOne/Janur M. Agus/asp)

Sumber : Viva.co.id

Comments

comments