Pakan segar adalah pakan yang berasal dari organisme perairan yang kemudian diolah sedemikian rupa sebelum diberikan kepada lobster air tawar dalam keadaan segar.

Beberapa organisme perairan yang banyak dijumpai dilingkungan sekitar kolam dan bisa digunakan sebagai sumber pakan segar untuk lobster air tawar adalah keong mas, ikan runcah dan cacing tanah.

Penggunaan pakan segar ini ditujukan untuk meningkatkan nafsu makan serta untuk meningkatkan kualitas daging dari lobster air tawar.

Bau menyengat yang dikeluarkan oleh pakan segar ini diharapkan dapat membuat lobster air tawar tertarik untukmendatanginya dan kemudian mengkonsumsinya.Pakan segar dapat diberikan melalui beberapa cara, diantaranya :

  1. Sumber pakan segar ditangkap, untuk kemudian dipotong – potong hingga ukuran tertentu dan kemudian langsung diberikan kepada lobster air tawar.
  2. Sumber pakan segar disterilkan terlebih dahulu selama 3 hari dengan cara direndam ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam ikan. Tindakan ini ditujukan untuk mencegah resiko penularan penyakit yang terkandung didalam tubuh sumber pakan segar.

Pakan segar biasa diberikan pada malam hari dengan dosis mencapai 75 % dari total dosis pakan harian. Sebelum menggunakan pakan segar sebagai pakan untuk lobster air tawar, ada baiknya faktor – faktor berikut ini diperhatikan, diantaranya :

  1. Jenis organisme air dan kemungkinan permasalahan yang dapat timbul, mengingat dalam kondisi tertentu, penggunaan pakan segar dapat memperburuk kondisi air kolam.
  2. Penggunaan pakan segar harus diimbangi dengan pengolahan air kolam sebagai wujud antisipasi atas kemungkinan terjadinya akumulasi pakan yang tidak termakan. Tindakan ini dilakukan agar kualitas air selalu sesuai dengan syarat hidup lobster air tawar.

Salah satu jenis organisme air yang biasa digunakan untuk sumber pakan segar adalah keong mas. Berikut ini adalah cara untuk mengolah keong mas yang akan dijadikan sebagai pakan segar :

Peralatan :

* 1 buah ember plastik berkapasitas sedang.
* 1 buah anco bambu berukuran sedang.
* 1 buah panci aluminium berkapasitas sedang.
* 1 buah kompor.
* 1 buah sendok bambu pengaduk.
* 1 buah garpu.
* 1 buah sikat gigi.
* Selang air.
* 1 buah talenan.
* 1 buah pisau cincang.
* 1 buah gayung plastik.

Bahan – bahan :

* 1 kg keong mas segar.
* 10 liter air bersih.
* 350 gram garam ikan.

Cara pengolahan :

  1. Dengan menggunakan sikat gigi, bersihkan keong mas dari semua kotoran yang melekat dicangkang dan tubuhnya.
  2. Kumpulkan keong mas yang sudah bersih ke dalam sebuah wadah.
  3. Masukkan keong mas ke dalam ember, lalu taburi dengan 50 gram garam grosok. Aduk beberapa kali lalu diamkan selama 15 menit.
  4. Isi panci dengan air bersih sebanyak 10 liter, lalu masukkan garam grosok sebanyak 300 gram ke dalamnya dan rebus hingga mendidih.
  5. Masukkan keong mas ke dalam rebusan air garam, lalu diamkan selama 15 menit.
  6. Angkat dan tiriskan lalu angin – anginkan keong mas hingga aman untuk dipegang.
  7. Dengan menggunakan garpu, cungkilah daging keong mas tersebut dari cangkangnya.
  8. Potong semua sungutnya, keluarkan isi perutnya dan cuci hingga bersih.
  9. Cincang daging keong mas tersebut hingga menjadi kecil – kecil.
  10. Daging keong mas siap untuk diberikan kepada lobster air tawar.

Sumber : Info Agribisnis

Comments

comments