BIAK – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menunggu minat investor untuk merealisasikan rencana pembangunan pasar ikan higienis di wilayah itu.

“Program pasar ikan sehat telah ditawarkan ke investor, namun hingga sekarang masih menanti pelaksanaan,” ujar Kabid Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Biak Numfor Lod Yensenem di Biak, Sabtu.

Lod mengakui keinginan pemerintah untuk mewujudkan pendirian pasar ikan higienis sangat tepat karena wilayah Biak merupakan daerah kepulauan yang menjadi penghasil berbagai jenis ikan.

Ia menjelaskan bahwa melalui pembangunan pasar ikan sehat itu diharapkan dapat menggairahkan sektor usaha kecil dan menengah lain sehingga mampu menopang pendapatan daerah.

“Areal pasar ikan yang saat ini ada di Jalan Wolter Monginsidi Kota Biak perlu ditata lebih modern sehingga menjadi daya tarik untuk perkembangan ekonomi daerah ini,” ujar Kabid Ekonomi Bappeda Lod.

Dia mengaku optimistis pasar ikan higienis tidak hanya bermanfaat untuk menyiapkan kebutuhan ikan saja, tetapi juga dapat menjual berbagai keperluan berbagai jenis sembilan bahan pokok untuk penduduk Biak serta kabupaten yang ada di sekitarnya.

Menurut dia, bidang ekonomi merupakan salah satu program prioritas daerah yang kini masih bertumpu pada pengembangan sektor usaha kecil menengah dan koperasi itu.

Berdasarkan data hingga kini pasar ikan Kota Biak menjadi pusat jual beli komoditas hasil laut yang didominasi untuk menyuplai kebutuhan lokal masyarakat setempat. [Ant/N-6]

Sumber : Suara Pembaharuan

Comments

comments