Insang terbuka adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan arwana.

Kondisi demikian menyebabkan ikan arwana harus segera diobati dikarenakan lama kelamaan ikan arwana akan mengalami kesulitan dalam hal bernafas.

Jika tindakan pengobatan dilakukan terlambat, tutup insang ikan arwana akan berubah menjadi keras sehingga tindakan pengobatan akan semakin sulit dilakukan.

PENGGUNTINGAN TUTUP INSANG

Supaya ikan tidak berontak selama dalam proses pengguntingan, ikan harus dibuat lemas dengan cara dimasukkan kedalam air yang telah diberi minyak cengkeh.

Setelah ikan arwana lemas, pengguntingan dapat segera dilakukan. Bagian yang digunting adalah tutup insang sebelah kiri dan kanan. Proses pengguntingan harus dilakukan dengan hati – hati untuk menghindari infeksi pada luka gunting ikan.

Setelah proses pengguntingan selesai, ikan arwana dapat segera dipindahkan ke dalam tempat pengobatan.

TAHAP PENGOBATAN

Tempat yang dapat digunakan untuk mengobati arwana adalah akuarium yang mempunyai kasitas 400 liter air. Pada air ini, dilarutkan 5 gram antibiotika yang akan berfungsi untuk mencegah timbulnya infeksi pada luka gunting tersebut.

Masa pengobatan akan berkangsung selama 5 hari, dan bersamaan dengan itu, air dalam akuarium harus selalu dijaga kebersihannya dengan cara mengganti air lama dengan air yang baru.

Daya pulih ikan arwana dari penyakit ini sangat bergantung pada kondisi fisik ikan itu sendiri. Dalam kurun waktu tertentu, tutup insang ikan arwana akan kembali normal seiring pulihnya luka guntingan.

Sumber : Rully Arwana

Comments

comments