Selain rasanya lezat, dan dari berbagai kandungan nutrisinya, ternyata mengkonsumsi udang memiliki beragam manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kecerdasan otak, sampai membantu program diet. Berikut uraian lengkap tentang manfaat konsumsi udang:

  1. Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris. Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  2. Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh.
  3. Sangat cocok untuk menu diet karena kalori energinya yang rendah.
  4. Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya.
  5. Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi.
  6. Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh lainnya dengan kandungan zinc-nya.
  7. Sangat vital untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan tingginya vitamin D, B12 dan Omega 3.
  8. Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zincnya yang tinggi.
  9. Menjaga kesehatan mata dengen kandungan vitamin A.
  10. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi.
  11. Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potasium yang tinggi.
  12. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik dengan kandungan vitamin C dan niasin.

Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersamadengan kulitnya. Mengapa ? karena kulit udang mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang serta menekan kolesterol jahat. Tulang rawan ini berfungsi sebagai “bantalan” pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut orang sebagai pengapuran.

Sumber : Direktorat Jendral Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan

Comments

comments