Dengan telah selesainya validasi yang dilakukan bersama-sama dengan dinas kelautan dan perikanan provinsi seluruh Indonesia dan telah selesainya scrutinize pada tingkat pusat maka statistik perikanan budidaya pun diterbitkan. Buku statistik perikanan budidaya yang diterbitkan adalah statistik produksi pembesaran 2009 dan statistik produksi benih 2009.

Statistik produksi pembesaran 2009 yang kemudian diberi judul sampul sebagai Statistik Perikanan Budidaya Indonesia 2009 berisi tentang data-data produksi ikan pembesaran atau ikan konsumsi dan tidak termasuk produksi benih. Selain data-data produksi tahun 2009 juga ada data tentang nilai produksinya. Ada pula data Rumah Tangga Perikanan yang selanjutnya disebut RTP, ada data pembudidaya dan data luas lahan budidaya. Seluruh data-data tersebut tersedia dalam bentuk data per provinsi dan per jenis budidaya, khusus untuk data volume dan nilai produksi, datanya dapat dilihat berdasarkan jenis ikannya. Buku Statistik Perikanan Budidaya Indonesia tahun 2009 ini adalah terbitan yang kesebelas sejak pertama kali diterbitkan.

Selain Statistik Perikanan Budidaya Indonesia 2009, ditjen perikanan budidaya akan menerbitkan juga data produksi pembenihan tahun 2009 yang selanjutnya disebut Statistik Produksi Benih Perikanan budidaya 2009. Buku Statistik Produksi Benih Perikanan budidaya 2009 ini berisi tentang data volume dan nilai produksi per jenis ikan dan per jenis media yang digunakan (air tawar dan air payau/laut). Dalam statistik benih ini juga berisi data produksi benih tiap UPT di setiap provinsi seluruh Indonesia.

Dengan terbitnya dua buku statistik Perikanan Budidaya ini diharapkan dapat berguna bagi semua pihak yang membutuhkannya.

Sumber : Ditjen Perikanan Budidaya,

Comments

comments