Dilihat sekilas, sebagian orang mungkin akan menyebutnya sebagai ikan gabus. Ikan yang satu ini memang masih satu keluarga dengan ikan gabus karena karakteristiknya memang sangat mirip dengan ikan gabus. Namun, ikan ini berbeda dengan ikan gabus walaupun karakteristiknya sama. Pembudidayaan ikan yang satu ini, sama halnya dengan ikan gabus, juga sangat berkembang di pulau Kalimantan. Ya, dialah ikan toman!

Ikan toman merupakan ikan komoditas penting di pulau Kalimantan. Sebagian orang ada yang menjadikannya sebagai ikan hias terutama untuk ikan toman yang berukuran kecil. Bentuk tubuhnya, bulat panjang dengan ekor membulat, terdapat garis berwarna orange mulai dari moncong hingga ke sirip ekor bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh garis berwarna hitam yang kemudian terputus menjadi bintik-bintik yang tidak beraturan (bercak tersebut pada spesimen dewasa menghilang). Penyebarannya di alam terdapat di sungai-sungai atau rawa-rawa yang ada di pulau Kalimantan dan pulau Sumatera.

Potensi pengembangan budidaya toman sangat luas terutama di daerah Kalimantan yang notabene merupakan habitatnya ikan toman. Produksi ikan toman di pulau Kalimantan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tahun 2009, total produksi ikan toman hasil budidaya adalah sebesar 9.717 ton yang sebagian besar berasal dari pulau Kalimantan. Produksi ikan toman tertinggi adalah provinsi Kalimantan Timur sebesar 5.865 ton.

Ikan toman oleh pembudidaya ikan di daerah Kalimantan di pelihara menggunakan kolam dan karamba. Sebagian besar pembudidaya memelihara ikan toman di wadah karamba. Hal ini, bukan tanpa alas an. Dengan menggunakan wadah karamba yang diletakkan di pinggiran sungai atau waduk/danau membuat proses adaptasi ikan toman berlangsung dengan mudah sehingga proses pembudidayaan ikan toman mudah dilakukan. Selain itu, dengan menggunakan karamba, proses penggantian air tidak perlu dilakukan dan air yang digunakan selalu berganti tidak tercampur dengan kotoron, baik kotoran ikan maupun sisa-sisa pakan. Namun, ada pula yang mengembangkan budidaya toman di kolam. Salah satunya yang mengembangkan budidaya ikan toman di kolam adalah provinsi Kalimantan Tengah.

Ikan toman yang merupakan ikan asli di Kalimantan diangkat menjadi komoditas budidaya yang diunggulkan oleh pemerintah provinsi di pulau Kalimantan. selain kondisi daerahnya yang cocok untuk budidaya ikan toman juga merupakan ikan yang asli didaerah tersebut dan disukai oleh masyarakat setempat sebagai ikan konsumsi.

Comments

comments