Gosong Makasar merupakan gosong pasir yang terletak di Laut Sulawesi dan muncul di atas permukaan air laut. Tanda fisik untuk menandai keberadaan gosong ini adalah sebuah menara lampu navigasi laut yang berdiri tegak. Di gosong ini tidak ada satupun vegetasi yang tumbuh, yang ada hanyalah hamparan pasir yang tampak putih bersih.

Administratif

Secara administrasi, Gosong Makasar termasuk wilayah Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur. Disini Rencananya akan ditetapkan sebagai salah satu Titik Dasar, yaitu No. CTD 036E dan Titik Referensi No. CTR 036E.

Kondisi Geografis

Gosong Makasar yang merupakan Gosong pasir berada pada koordinat 03o 59’ 25” LU dan 117o 57’ 42” BT. Gosong Makasar ini terletak di sebelah Selatan Pulau Sebatik dengan batas wilayah sebelah Barat dengan perairan Pulau Sebatik, sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan wilayah perairan Negara Malaysia, sebelah Timur dengan Laut Sulawesi dan wilayah perairan Negara Malaysia, serta di sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi.

Aksesibilitas

Gosong Makasar dapat dicapai dengan menggunakan transportasi udara kemudian dilanjutkan dengan transportasi laut. Jalur transportasi udara melalui jalur penerbangan Balikpapan-Kota Tarakan (pp) dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan dengan jenis pesawat berbadan lebar dengan waktu tempuh 1,5 jam sedangkan jalur penerbangan Kota Tarakan – Kabupaten Nunukan (pp) dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan penerbangan regular 3 kali sehari.

Perjalanan dari kota Tarakan juga dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi laut yaitu menggunakan kapal cepat dengan rute pelayaran dari Kota Tarakan ke Kabupaten Nunukan atau dari Kota Tarakan – Gosong Makasar setiap hari. Apabila menggunakan kapal perintis, perjalanan hanya akan sampai di Pelabuhan Nunukan saja. Kapal-kapal tersebut adalah KM. Kerinci, KM. Gunung Awu, KM. Umsini, KM. Agomas, KM. Telaga Fitma, Sarinda Express dan Balikpapan Express. Dari Kota Nunukan menuju Gosong Makasar dapat menggunakan perahu motor temple atau speed boat yang membutuhkan waktu 10-15 menit.

Untuk perjalanan menuju pusat Kecamatan Sebatik yaitu Sungai Nyamuk, dapat menggunakan speedboat yang membutuhkan waktu 1,5 jam, sedangkan perjalanan melalui jalan darat membutuhkan waktu 3-4 jam karena kondisi jalan yang belum bagus. Dari kota Kecamtan Sungai Nyamuk perjalanan laut merupakan satu-satunya pilihan untuk mencapai Gosong Makasar. Perjalanan laut ini dapat ditempuh selama 1-2 jam dengan menggunakan speedboat carteran, karena tidak ada angkutan laut regular yang menuju lokasi ini.

Fisiografi dan Topografi

Gosong makasar merupakan gosong pasir yang dalam kondisi air pasang maupun surut tidak muncul kepermukaan laut. Keberadaan gosong pasir ini hanya dapat diketahui melalui adanya menara lampu navigasi laut yang berdiri kokoh diatasnya. Seperti gosong pasir pada umumnya, Gosong Makasar terdiri dari hamparan pasir putih dengan profil yang relative datar pada kedalaman antara 0,5-6 meter diatas permukaan laut.

Comments

comments